JUAL BELI YANG TIDAK SAH KARENA KURANG SYARAT DAN RUKUN// NURBAITI RAHMAWATI

1.    Jual beli dengan sistem ijon
Yang dimaksud dengan system ijon ialah jual beli yang belum jelas barnagnya seperti jual beli buah-buahan yang  masih muda, padi yang masih hijau yang memungkinkan dapat merugikan orang lain. Hadis tentang hal ini sebagai berikut:
“Dari Ibnu Umar, Nabi SAW telah melarang jual beli buah-buahan sehingga nyata baiknya buah itu”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
2.    Jual beli anak binatang ternak yang  masih dalam kandungan dan belum jelas apakah setelah lahir anak binatang itu hidup atau mati.
Dalam hadis dinyatkan sebagai berikut:
“Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang jual beli anak binatang yang masih dalam kandungan induknya”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
3.    Jual beli sperma (air mani) binatang jantang
Hal ini tidak sah karena belum dapat diketahui kadarnya. Hadis tentang hal ini sebagai berikut:
“Dari Jabir bin Abdullah ra, ia berkata Rasulullah SAW telah melarang jual beli kelebihan air. (HR. Muslim), Dan Nabi menambahkan pada riwayat lain bahwa beliau melarang (menerima bayaran) dari persetubuhan air jantan.” (HR. Muslim dan An-Nasa’i)
Adapun meminjamkan binatang jantan untuk dikawinkan denganbetina orang lain tanpa maksud jual beli itu sah dan bahkan dianjurkan. Rasululllah SAW bersabda:
“Dari Abu Kabsyah, Nabi SAW telah bersabda, Siapa yang mencampurkan binatang jantan dengan binatang betina kemudia dengan pencampuran itu mendapatkan anak, maka ia kan mendapatkan pahala sebanyak tujuh puluh binatang”. (HR. Ibnu Hibban)
4.    Jual beli barang yang belum ditangan
Maksudnya ialah barang yang dijual itu masih berada ditangan penjual pertama. Dengan demikian secara hokum penjual belum memiliki barang tersebut. Rasululla SAW bersabda:
“Rasulullah SAW telah bersabda, Janglah engkau menjual sesuatu yang baru saja engkau beli sehingga engaku menerima barang itu”. (HR. Ahmd dan Al-Baihaqi)
5.    Jual beli benda najis
Seperti jual beli minuman keras, babi bangkai dan sebagainya
…..WAllahu a’lam bisshawab…..
Daftar Pustaka: Muttaqin, Zainal Dan Abyan, Amir, Abyan, Pendidikan Agama Islam, Semarang: PT. Karya Toha.
                                                                                           Nurbaiti Rahmawati

Posting Komentar

0 Komentar